Trump-Xi Jinping Berpeluang Bertemu di KTT G20

Presiden AS Donald Trump (kanan) berjabat tangan dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping (FOTO: AFP)

New York: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping berpeluang bertemu pada KTT G20 bulan depan. Hal itu bukan tidak mungkin terjadi lantaran kedua belah pihak mencari jawaban atas hubungan perdagangan yang terus menegang dengan seorang pejabat Tiongkok menyebut kondisi tersebut sangat membingungkan.

“Para Presiden mungkin akan bertemu di G20 di Buenos Aires,” kata Penasehat Ekonomi Trump, Larry Kudlow seperti dikutip dari AFP, Senin, 15 Oktober 2018.

Namun, dia menegaskan, pembicaraan perdagangan dengan Tiongkok sejauh ini tidak memuaskan. Hal ini sejalan dengan kedua belah pihak memberlakukan serangkaian kenaikan tarif yang menimbulkan kekhawatiran atas guncangan ekonomi global. Amerika Serikat berharap mendapat kesepakatan dengan Tiongkok.

“Hubungan itu belum positif akhir-akhir ini,” kata Kudlow.

Sementara itu, Duta Besar Tiongkok untuk AS Cui Tiankai juga meragukan hubungan antara dua kekuatan ekonomi terbesar di dunia. Ia menjelaskan frustasi telah tumbuh di Tiongkok karena pembicaraan perdagangan bertentangan dengan administrasi Trump. Bahkan, Cui mengatakan, para duta besar lainnya di Washington turut berbagi kekecewaan.

“Mereka tidak tahu siapa pembuat keputusan terakhir dalam pemerintahan. Tentu saja agaknya Presiden akan mengambil keputusan akhir. Tapi siapa dan memainkan peran apa? Itu bisa sangat membingungkan,” tuturnya.

Pada Pertemuan Tahunan IMF-WB 2018, para peserta memperingatkan bahwa memanasnya hubungan dagang AS-Tiongkok, ditambah dengan kenaikan suku bunga AS, dan tertekannya mata uang negara-negara berkembang, dapat mendorong dunia ke krisis keuangan.

(ABD)